Zay's
Blog Universitas Komputer Indonesia

Dampak Komputer bagi Kesehatan

Dampak Komputer bagi Kesehatan

1
 
Ada satu pepatah Cina yang mengatakan, ‘Kesehatan adalah kekayaanpepatah itu memang benar sekali. Kesehatan sangat penting untuk kita. Jadi, kita harus menjaga kesehatan kita.
 

Pendahuluan

       
        Tenyata tak selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif bagi manusia. Salah satu hal yang paling mudah diamati adalah dampak komputer bagi kesehatan individu pemakainya. Dan dari semua keluhan kesehatan yang pernah ada, kebanyakan keluhan datang dari para pengguna laptop. Laptop atau notebook sebagai sarana mobile-computing memang dirancang seefesien mungkin untuk dapat dengan mudah dibawa ke manapun. Namun efesiensi yang didapat dari penggunaan laptop ini rupanya harus dibayar mahal dengan mengorbankan faktor ergonomic yang sangat berperan dalam menjamin kenyamanan dan kesehatan sang pemakai.
 

Gangguan Kesehatan

     1

           Salah satu kasus gangguan kesehatan dalam penggunaan laptop dialami oleh Danielle Weatherbee (29 tahun) dari Seattle, seperti yang ditulis dalam buku Using Information Technology. Karena kebiasaannya sehari-hari yang mempergunakan laptop di mana pun berada, ia kemudian mengalami gangguan tulang belakang. Setelah diperiksa, dokter mendapati tulang belakangnya sudah seperti seorang berusia 50 tahun. Inilah salah satu akibat dari dikorbankannya nilai ergonomic sebuah barang, dalam hal ini laptop.

    Secara luas, memang dikenal beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pemakaian komputer, antara lain Repetitive Stress/Strain Injury (RSI), Kelelahan Mata dan Sakit Kepala, Sakit Punggung dan Leher, dan Medan Elektromagnetik. Lebih lanjut mengenai Repetitive Stress/Strain Injury (RSI) sendiri adalah sakit pada pergelangan tangan, lengan, tangan dan leher karena otot-ototnya harus bekerja cepat dan berulang. Hal ini dapat menjadi semakin parah jika sang pemakai komputer tidak memperhatikan faktor ergonomic pemakaian komputer dalam jangka waktu lama. Faktor ergonomic sendiri sangat perlu diperhatikan untuk memperoleh kenyamanan dan posisi ideal yang sehat bagi tubuh selama pemakaian komputer.

      Yang kedua adalah kelelahan mata dan sakit kepala. Sebenarnya ini merupakan keluhan yang paling banyak dikeluhkan para pemakai komputer, Computer Vision Sindrome (CVS) sendiri merupakan kelelahan mata yang dapat mengakibatkan sakit kepala, penglihatan seolah ganda, penglihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, dan berbagai masalah penglihatan lainnya.

Panduan Kesehatan Dalam Penggunaan Komputer

 

      1

      Berikut ini beberapa tips kesehatan yang bisa dijadikan panduan oleh orang-orang yang merasa terganggu kesehatannya akibat pengaruh interaksi dengan komputer.

  1. Kesehatan mata

    Resiko kesehatan terbesar yang akan diderita oleh orang-orang yang kerap berinteraksi dengan komputer biasanya adalah organ mata. Mata akan terasa pedih dan letih akibat terlalu lama menatap
    layar komputer. Jika hal ini terjadi, tinggalkanlah layar komputer Anda sejenak. Pergilah ke luar dan carilah suasana hijau yang dapat menyegarkan mata dan penglihatan Anda.

    Tatap dan nikmatilah suasana hijau yang menyejukkan tadi. Atau Anda juga bisa merawat kesegaran mata Anda dengan membasuhkan embun yang bersih dan segar pada pagi hari ke mata Anda. Mata akan terlihat bersih dan terasa segar, tidak pedih.

     
  2. Kesehatan otot-otot tubuh

    Posisi duduk yang tidak berganti-ganti saat menghadap layar komputer biasanya menjadi hal yang akan sering dialami para pekerja yang kerap berinteraksi dengan komputer dalam kurun waktu yang lama. Pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperbaiki posisi duduk Anda agar berada pada posisi yang nyaman dan tidak miring. Jika rasa sakit itu terjadi berhentilah lalu beranjak tinggalkan meja komputer Anda. Pergilah ke luar ruangan lalu bersenamlah secara ringan. Rileks kan otot-otot tubuh Anda.

Penutup

      Komputer memang tidak bisa di lepaskan dalam kehidupan sehari-hari, karena teknologi yang satu ini memlilik peranan tersendiri bagi aktifitas manusia, misalnya kita sebagai seorang mahasiswa yang menutut ilmu dilingkungan IT, sudah dapat di pastikan komputer berperan penting dalam aktifitas kita. Meskipun demikian kita tidak boleleh mengabaikan kesehatan , karena dengan sehat kita dapat menjalankan sesuatu dengan maksimal.
 
sekian dari saya semoga bermanfaat :-h 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 17 Maret 11 - 07:54 WIB
Dalam Kategori : KESEHATAN
Dibaca sebanyak : 1951 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback